Analisis Jaringan Internet terhadap Website Studentsite Universitas Gunadarma

Website Universitas Gunadarma terbilang cukup banyak, di antaranya ada BAAK (Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan), library UG, iLab, staffsite, studentsite, v-class, lepkom, dan sebagainya. Pada postingan kali ini, saya akan mencoba menganalisis jaringan internet terhadap website studentsite Universitas Gunadarma.

Analisis yang saya lakukan terhadap web studentsite Universitas Gunadarma mencangkup 4 pengetesan. Di antaranya cek koneksi, host, traffic, dan respontime. Analisis jaringan internet ini dilakukan pada tanggal 13 Maret 2017 sekitar pukul 20.00 WIB.

1.      Cek Koneksi

Pada pengecekan koneksi, saya menggunakan speedtest.net untuk mengetahui kecepatan jaringan internet yang saya gunakan.



Pengecekan koneksi dengan speedtest.net seperti gambar di atas dilakukan pada 13 Maret 2017 sekitar pukul 20.00 WIB. Dengan ISP (Internet Service Provider) yang digunakan adalah My Republic.

Menurut hasil yang tertera setelah melakukan tes, didapati kecepatan download hingga 25,81 Mb/s. Sedangkan kecepatan upload hingga 11,01 Mb/s. Dan dengan PING 4 ms. Hal itu menandakan kondisi koneksi internet yang saya gunakan terbilang cukup bagus.

2.      Cek Host

Pada pengecekan host menggunakan ipconfig/all dalam CMD didapati hasil untuk menampilkan informasi konfigurasi penuh seperti Hostname, Primary DNS Type, Ethernet Adapter LAN, dan lain sebagainya. Ipconfig sendiri ialah salah satu perintah pada OS Windows yang berfungsi untuk menampilkan konfigurasi IP komputer.
  

Gambar di atas didapati Hostname dengan nama Andy-PC. Sedangkan Ipv4 address dengan 192.168.100.8. DNS server dengan 192.168.100.1. Dan konfigurasi lainnya yang ada pada gambar tersebut.


Domain studentsite.gunadarma.ac.id digantikan dengan 202.125.94.165 sebagai IP address dalam proses PING. Sedangkan bytes=32 merupakan besaran paket yang dikirimkan host yang melakukan PING ke target sebesar 32 bytes yang merupakan ukuran standar untuk Windows. Untuk time=8ms dapat diartikan sebagai waktu yang dibutuhkan untuk sekali pengiriman dan menerima jawaban (reply) atas paket yang dikirimkan sebesar 8 milisecond / 8 milidetik. Semakin kecil waktu yang dibutuhkan maka kualitas koneksi semakin bagus, begitu pula sebaliknya.

3.      Cek Traffic

Pada pengecekan traffic, saya menggunakan similarweb.com untuk mengetahui traffic yang terjadi pada web yang saya analisis. Dari 9 aspek penilaian yang disediakan similarweb.com ini, saya hanya mengambil 2 poin yang akan saya analisis.

Aspek pertama adalah Traffic Overview. Pada Traffic Overview terdapat beberapa bagian. Yaitu bagian Engagement yang mencangkup Total Visits, Average Visit Duration, Pages per Visit, dan Bounce Rate.


Dapat dilihat seperti gambar di atas, terhitung dari 17 Februari 2017, total kunjungan sekitar 146.900 yang naik 77,36%. Dengan rata-rata waktu pengaksesan website sekitar 4 menit. Halaman yang diakses tiap kunjungan ada kurang lebih 4 halaman. Dan persentase pengunjung yang meninggalkan website setelah membuka satu halaman sekitar 22,67%.


Bagian yang kedua adalah Traffic by Countries. Dapat dilihat bahwa sebagian besar pengunjung web studentsite Universitas Gunadarma berasal dari Indonesia dengan persentase 94,88%. Diikuti US dengan persentasi 2,36%. Singapura dengan 1,54%. Jerman dengan 0,69%. Dan UK dengan 0.54%. Serta 249 negara lainnya yang persentasenya terbilang kecil.


Bagian ketiga dari Traffic Overview adalah Traffic Sources. Untuk mencari tahu traffic penggunaan website tersebut, Traffic Sources menggunakan 6 indikator. Di antaranya adalah Direct. Arti Direct di sini adalah dengan mengetikan langsung alamat web pada web browser, yang mencapai persentase 55,35%. Yang kedua adalah Referrals yang berarti diarahkan dari website lain atau link untuk membuka web yang dimaksud. Dengan Referrals, dicapai persentase sebesar 14,99%. Yang ketiga adalah Search yang berarti mengetikkan keyword yang berkaitan langsung dengan web yang dimaksud pada search engine, dicapai persentase sebesar 27,49%. Yang keempat adalah Social yang berarti mendapatkan link web tersebut dari social media, dicapai persentase sebesar 1,18%. Berikutnya adalah Mail yang berarti mendapat link web tersebut dari email, dicapai persentase sebesar 0.98%. Dan yang terakhir adalah Display yang berarti mendapatkannya pada display halaman web lain. Pada persentase Display yang bernilai 0,00% menyatakan bahwa tidak adanya unsur website pada display halaman web lain.


Aspek kedua yang dianalisis adalah Search Traffic. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, Search Traffic merupakan penilaian terhadap website tersebut dalam search engine. Di dalamnya terdapat persentase tentang berapa banyak pencarian website tersebut atau keyword yang berkaitan pada website tersebut terhitung 17 Februari 2017.

Terdapat pula Organic Keywords dan Paid Keywords. Organic Keywords adalah daftar beberapa keyword yang paling banyak dan sering digunakan beserta persentase didalamnya untuk menuju ke website tersebut. Keyword “studentsite” memiliki persentase sebesar 49,23% dimana kata kunci tersebut turun sebanyak 2,52%. Sedangkan keyword “studentsite gunadarma” memiliki persentase sebesar 33,77% dimana keyword tersebut naik sebanyak 46,15%. Dan keyword-keyword berikutnya yang tertera pada similarweb.com. Sedangkan Paid Keywords adalah daftar beberapa keyword yang sudah dibeli oleh website tersebut dan keyword tersebut khusus hanya ditunjukan untuk website itu sendiri. Pada Paid Keywords tidak ditemukan adanya keyword yang sudah dibeli oleh website tersebut.

4.      Cek Respontime

Pada pengecekan respontime yang dilakukan dengan tes PING (Packet Internet Gopher) pada CMD didapati hasil seperti gambar di bawah.




Gambar di atas menunjukkan bahwa kondisi jaringan dalam keadaan baik dan terkoneksi ke internet. Hal tersebut dikarenakan waktu pergi-pulang (roundtrip) dan besarnya jumlah paket yang hilang (packet loss) terbilang cukup kecil. Semakin kecil kedua angka tersebut maka semakin bagus kualitas koneksinya.

Cukup sekian analisis yang saya lakukan mengenai jaringan internet terhadap salah satu website Universitas Gunadarma. Selalu ada lebih dan kurang dalam penganalisisan yang dilakukan. Maka dari itu, kritik dan saran dapat diberikan melalui kolom komentar di bawah. Terimakasih.

Komentar