Tentang Desain Grafis

Desain Grafis dengan Desain Komunikasi Visual

Desain grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin. Dalam desain grafis, teks juga dianggap gambar karena teks juga merupakan hasil abstraksi simbol-simbol yang bisa dibunyikan. Desain grafis diterapkan dalam desain komunikasi dan fine art. Seperti jenis desain lainnya, desain grafis dapat merujuk kepada proses pembuatan, metoda merancang, produk yang dihasilkan (rancangan), atau pun disiplin ilmu yang digunakan (desain). Seni desain grafis mencakup kemampuan kognitif dan keterampilan visual. Termasuk di dalamnya tipografi, ilustrasi, fotografi, pengolahan gambar, dan tata letak.

Desain grafis adalah salah satu bentuk seni lukis (gambar) ilmu terapan yang dapat memberikan kebebasan kepada sang perancang untuk memilih, menciptakan, atau mengatur elemen rupa seperti ilustrasi, foto, tulisan, dan garis di atas suatu permukaan dengan tujuan untuk diproduksi dan dikomunikasikan sebagai sebuah pesan. Desain grafis umumnya diterapkan dalam dunia periklanan, packaging, perfilman, dan lain-lain.


Dalam Encyclopedia of Graphic Design Designers (Living Stone, 1994: 90) disebutkan bahwa desain grafis adalah proses mengkombinasikan tipografi, ilustrasi, fotografi, dan cetak untuk tujuan persuasif (mengajak), memberikan informasi atau perintah. 

Seorang desainer grafis hendaknya bisa menjembatani ide dari sebuah konsep dengan citra seni, sehingga menghasilkan karya yang tidak hanya berhasil merebut perhatian audiens, namun juga memiliki nilai estetika.

Sedangkan pengertian dari desain komunikasi visual adalah seni menyampaikan pesan (art of communication) dengan menggunakan bahasa rupa (visual language) yang disampaikan melalui media berupa desain yang bertujuan menginformasikan, mempengaruhi, hingga mengubah perilaku target audience dengan tujuan yang ingin diwujudkan. Lain halnya dengan bahasa rupa yang dipakai berupa grafis, tanda, simbol, ilustrasi gambar/foto, tipografi, huruf, dan masih banyak lagi yang lain.

Desain komunikasi visual memiliki lingkup yang lebih luas dari pada desain grafis, karena lebih menekankan aspek komunikasinya. Sedang desain grafis sering dikaitkan dengan hal-hal yang menyangkut keterampilan teknis dalam membuat suatu bentuk rancangan visual. 

DKV adalah ilmu yang mempelajari konsep komunikasi dalam menyampaikan pesan secara visual melalui media yang berlandaskan kreatiftias. Sedangkan desain grafis adalah ilmu yang merancang titik dan garis menjadi sebuah bentuk untuk tujuan percetakan yang berlandaskan kreatiftias. Dengan kata lain, desain grafis masih dalam cangkupan atau bagian dari DKV.

Kategori Desain Grafis secara Garis Besar

1.    Percetakan (Printing) yang memuat desain buku, majalah, poster, booklet, leaflet, flyer, pamflet, periklanan, dan publikasi lain yang sejenis.
2.      Web Desain yang dirancang untuk halaman web.
3.      Film yang di dalamnya termasuk CD, DVD, dan CD multimedia untuk promosi.
4.   Identifikasi (Logo), EGD (Environmental Graphic Design) yang merupakan desain profesional yang mencakup desain grafis, desain arsitek, desain industri, dan arsitek taman.
5.      Desain produk, pemaketan, dan sejenisnya.

Batasan Media

Desain grafis pada awalnya diterapkan untuk media statis seperti buku, majalah, dan brosur. Sebagai tambahan, sejalan dengan perkembangan zaman, desain grafis juga diterapkan dalam media elektronik yang sering kali disebut sebagai desain interaktif atau desain multimedia. Batas dimensi pun berubah seiring perkembangan pemikiran tentang desain. Desain grafis bisa diterapkan menjadi sebuah desain lingkungan yang mencakup pengolahan ruang.

Prinsip dan Unsur Desain

Unsur dalam desain grafis sama seperti unsur dasar dalam disiplin desain lainnya. Yaitu: bentuk (shape), format, tekstur, garis (line), ruang (space), dan warna (color). Unsur-unsur tersebut membentuk prinsip dasar desain visual. Prinsip tersebut, seperti keseimbangan (balance), irama (rythm), tekanan (emphasis), proporsi (proportion), dan kesatuan (unity), kemudian membentuk aspek struktural komposisi yang lebih luas.

Keterampilan Desain Grafis

1.      Seni Visual
Ilmu yang termasuk dalam seni visual antara lain adalah fotografi dan digital imaging.

2.      Tipografi
Tipografi merupakan seni dalam merancang, menyusun, dan memodifikasi huruf yang melibatkan beberapa pengaturan pada huruf seperti ukuran huruf, jenis huruf, tracking (jarak antar huruf secara umum), kerning (jarak antar dua huruf yang spesifik), dan leading (jarak antar baris).

3.      Tata Letak
Tata letak adalah seni dalam menyusun elemen (konten) yang ada pada sebuah halaman seperti penempatan gambar dan teks. Keterampilan ini umumnya digunakan dalam media cetak seperti majalah, buku, koran, tabloid, dsb. Tata letak pada sebuah media cetak yang baik akan menambah kenyamanan pembacanya.

4.      Desain Interaksi
Sejak perkembangan dunia teknologi informasi, para desainer grafis mulai berperan dalam merancang tampilan perangkat lunak (Graphical User Interface (GUI)) dan tampilan dari halaman web. Desainer grafis bekerja sama dengan pengembang situs web atau pengembang perangkat lunak dalam merancang tampilan untuk meningkatkan kenyamanan pengguna saat menggunakan perangkat lunak atau mengunjungi halaman web.

Perangkat Lunak Desain Grafis

Beberapa contoh perangkat lunak yang digunakan dalam desain grafis, di antaranya:


2.    Webdesign: Adobe Dreamweaver, Microsoft Frontpage, Notepad, Adobe Photoshop, dan Macromedia Firework.

3.  Audiovisual: Adobe After Effect, Adobe Premier, Final Cut, Adobe Flash atau Macromedia Flash, Ulead Video Studio, Magic Movie Edit Pro, dan Power Director.

4.    Rendering 3 Dimensi: 3D StudioMax, Cinema 4D, Maya, AutoCad, Google SketchUp, Light Wave, Blender, dan Softimage.

Contoh Desain Grafis

1.      Logo

Logo Basic Evolution, Band Indie Asal Depok

2.      Poster

Beberapa Poster Acara

3.      Cover Majalah

Beberapa Cover Majalah Provoke!

4.      Kartu Nama

Beberapa Desain Kartu Nama



Daftar Pustaka

http://desaingrafis.co.id/desain-kartu-nama.php
https://www.instagram.com/basic_evolution/
https://twitter.com/Basic_Evolution
http://www.zainalhakim.web.id/posting/teori-tentang-desain-grafis.html

Komentar