Apa Itu COBIT?



COBIT (Control Objective for Information and related Technology) merupakan audit sistem informasi dan dasar pengendalian yang dibuat oleh ITGI (IT Governance Institute) yang merupakan bagian dari ISACA (Information System Audit and Control Association) pada tahun 1992.

Menurut ITGI, COBIT merupakan kumpulan dokumentasi best practices untuk IT governance yang dapat membantu auditor, manajemen, dan user untuk menjembatani gap antara risiko bisnis, kebutuhan kontrol, dan permasalahan teknis. Secara terstruktur, COBIT terdiri dari seperangkat control objective untuk bidang teknologi informasi yang dirancang untuk memungkinkan tahapan bagi audit.

Kerangka kerja COBIT terdiri dari audit guidelines, management guidelines, dan control objective. Audit guidelines berisi sebanyak 318 tujuan pengendalian yang bersifat rinci untuk membantu auditor. Management guidelines berisi arahan secara umum maupun spesifik mengenai apa yang harus dilakukan yang menyangkut kebutuhan manajemen. Control objective COBIT framework pada edisi ke-4 terdiri dari 34 high level control objectives dan kemudian membagi proses tersebut menjadi 4 domain (Planning and Organization, Acquisition and Implementation, Delivery and Support, dan Monitoring and Evaluation).

Source:

Komentar