Audit Berbantuan Komputer

Teknik Audit Berbantuan Komputer (TABK)

Pengaruh TI dan Audit Berbantuan Komputer

Teknik audit berbantuan komputer (TABK) atau Computer Assisted Audit Techniques (CAATs) merupakan penggunaan teknologi informasi sebagai alat bantu dalam kegiatan audit. Penggunaan TABK atau CAATs akan meningkatkan efisiensi dan efektivitas auditor dalam melaksanakan audit dengan memanfaatkan segala kemampuan yang dimiliki oleh komputer.

Proses Audit Berbantuan Komputer


Tahap-tahap dalam proses audit:
1.      Tahap Perencanaan Audit
Tiap audit menghendaki cakupan audit sesuai dengan tujuannya. Pentingnya cakupan audit adalah untuk memahami organisasi dan departemen pemrosesan data yang akan diaudit.
2.      Survei Pendahuluan
Tahap ini merupakan dasar untuk tahap pengujian audit terinci. Pada tahap ini juga membantu auditor untuk mengidentifikasi problem area dan penting untuk kesuksesan pengauditan departemen pemrosesan data.
3.      Tahap Audit Terinci
5 kunci kegiatan untuk menguji dan mengevaluasi selama tahap ini meliputi:
·         Fungsi pengorganisasian pemrosesan informasi
·         Praktek dan kebijakan sumber daya manusia
·         Pengoperasian komputer
·         Pertimbangan pengembangan dan implementasi sistem
·         Penerapan sistem pengoperasian
4.      Pelaporan
Isi laporan audit bervariasi sesuai dengan tujuan manajemen dan akan didistribusikan kepada manajemen dan dewan audit.

Aplikasi Audit Berbantuan Komputer

Di bawah ini merupakan beberapa aplikasi audit berbantuan komputer.
1.      IDEA (Interactive Data Analysis Software)
2.      APG (Audit Program Generator)
3.      Microsoft Excel
4.      AUDIT-Easy
5.      EZ-R Stats
6.      QSAQ
7.      Random Audit Assistant
8.      RAT-STATS
9.      Auto Audit
10.  GRC on Demand


Audit SI Menggunakan Ms. Excel

1.      Uji Duplikasi
Mengidentifikasi record atau informasi ganda dengan akurasi dan kualitas tinggi sehingga data laporan dapat dipercaya serta proses pembuatan rekapitulasi cepat.
2.      Import File untuk Analisa
Jika ingin menyimpan beberapa atau semua data dari satu atau lebih lembar kerja Ms. Excel pada Ms. Access, diharuskan untuk mengimpor konten lembar kerja itu ke dalam database Ms. Access yang baru atau yang sudah ada. Ketika mengimpor data, Ms. Access membuat salinan data itu ke dalam tabel tanpa mengubah sumber lembar kerja Ms. Excel.
3.      Memeriksa Data
Jika ditemukan sebuah kata yang tidak dikenali, spelling checker akan menanyakan apakah kata itu sudah benar atau mungkin menyarankan alternatifnya. Pada Ms. Excel dapat mengabaikan ataupun memilih kata yang disarankan program dan dapat menambahkan kata baru ke dalam kamus.


Audit Keamanan Infrastruktur Jaringan

Secara umum dibagi menjadi 2 bagian.
1.      Performance Audit
Pengujian secara objektif dan sistematis yang berkaitan dengan program, aktivitas, fungsi, sistem manajemen, dan prosedur melalui assesment dalam rangka pencapaian target untuk mendapatkan keuntungan secara ekonomi, efektivitas, dan efisien dalam penggunaan sumber daya yang ada. Performance audit lebih menitikberatkan pada peningkatan kinerja jaringan komputer.
2.      Security Audit
Penilaian atau evaluasi teknis yang sistematis dan terukur mengenai keamanan komputer dan aplikasinya. Security audit lebih menitikberatkan pada sistem keamanan jaringan komputer.

Review Penggunaan Infrastruktur Jaringan pada Audit dan Implementasinya

Infrastruktur Jaringan Internet E-Government
Sistem pemerintahan yang sentralistik menjadi desentralistik saat ini. Pada hakikatnya merupakan penyelenggaraan otonomi daerah untuk memberikan kewenangan yang luas, nyata, dan bertanggung jawab kepada daerah secara proporsional yang berkeadilan. Penyelenggaraan otonomi daerah bertujuan untuk penyelenggaraan pemerintah yang baik dan bertanggung jawab kepada masyarakat sehingga dapat dihasilkan birokrasi yang kuat, handal, profesional, efisien, produktif, serta memberikan pelayanan prima kepada publik.

Masyarakat menuntun pelayanan publik yang memenuhi kepentingan masyarakat luas diseluruh wilayah negara, dapat diandalkan, terpercaya, dan mudah dijangkau secara interaktif. Masyarakat menginginkan agar aspirasi mereka didengar, dengan demikian pemerintah harus memfasilitasi partisipasi dan dialog publik di dalam perumusan kebijakan negara.


Sumber:
http://anam1506.blogspot.co.id/2017/11/audit-berbantuan-komputer-dan-excel.html https://emmaaaa.wordpress.com/teknik-audit-berbantuan-komputer/
http://mission-ug.blogspot.co.id/2017/11/
http://taratri.blogspot.co.id/

Komentar