Analisa Kelayakan Kredit

Analisa kelayakan kredit dimaksudkan untuk menentukan kelayakan pemberian kredit yang akan diberikan kepada pelanggan. Dengan analisis kelayakan kredit, kita dapat menentukan tingkat kepercayaan kepada pelanggan dan dapat menghindari kemungkinan terjadi kerugian di kemudian hari karena kredit macet.

Analisa kelayakan kredit dapat dilakukan di antaranya dengan analisa 5C dan analisa 7P.


Analisa 5C:
·         Character
Melihat karakter pemohon kredit yang diperoleh dengan mengumpulkan informasi dari referensi bank atau nasabah lain tentang perilaku, kejujuran, pergaulan dan ketaatan memenuhi pembayaran transaksi.

·         Capacity
Kemampuan calon debitur perlu dianalisis lebih lanjut untuk memenuhi kewajiban membayar sesuai jangka waktu yang telah disepakati.

·         Capital
Modal dari calon debitur harus dianalisis mengenai besar dan sturktur modal yang terlihat dari neraca lajur perusahaan calon debitur.

·         Collateral
Meliputi penilaian terhadap jaminan yang diberikan sebagai pengaman kredit yang diberikan bank. Penilaian tersebut meliputi kecenderungan nilai jaminan di masa depan dan tingkat kemudahan mengkonversikan menjadi uang tunai.

·         Condition
Kondisi perekonomian dan variabel makro lain calon debitur perlu dianalisis untuk pemberian kredit.

Analisa 7P:
·         Personality
Pencarian data kepribadian calon debitur seperti riwayat hidup, hobi, keadaan keluarga, social standing, dan hal lain yang erat hubungannya dengan kepribadian si peminjam.

·         Party
Bank perlu menggolongkan calon peminjam menjadi beberapa golongan menurut karakter, kemampuan, dan modal untuk memberi arah analisis bank bagaimana harus bersikap

·         Purpose
Pencarian data tentang tujuan atau keperluan penggunaan kredit.

·         Prospect
Pencarian data tentang harapan masa depan dari bidang usaha atau kegiatan usaha si peminjam.

·         Payment
Pencarian data tentang bagaimana perkiraan pembayaran kembali pinjaman yang akan diberikan.

·         Profitability
Kemampuan mencari keuntungan.

·         Protection
Jaminan perlindungan.

Komentar